Kolaborasi Pendidikan IPS. FISIP UNY, dan MGMP IPS Kabupaten Kulon Progo: Implementasi Deep Learning untuk Pembelajaran IPS Bermakna

Wates, 23 Juli 2025 - Departemen Pendidikan IPS FISIP Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui kegiatan Pengabdian Dosen Berkegiatan Luar Kampus menggelar acara bertema “Implementasi Deep Learning dalam Pembelajaran IPS” pada Rabu, 23 Juli 2025 di SMP Negeri 1 Wates .Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru IPS yang tergabung dalam MGMP IPS SMP Kabupaten Kulon Progo. Sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, para dosen Pendidikan IPS FISIP UNY memperkenalkan konsep deep learning—pendekatan pembelajaran mendalam yang mendorong keterlibatan aktif siswa, penguatan pemahaman konseptual, serta pengembangan keterampilan berpikir kritis dan reflektif.

Tim dosen yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini adalah  Dr Agustina Tri Wijayanti, M.Pd., Dr. Taat Wulandari, M.Pd., Primanisa Inayati Azizah, M.Pd., Hanif Nur Rokhim, M.Pd., dan Hamdhan Djainuddin, M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua Pengabdi Ibu Dr. Agustina Tri Wijayanti, M.Pd. menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi kampus dan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. “Penerapan deep learning sangat relevan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka yang mengutamakan pembelajaran bermakna. Melalui kegiatan ini, kami berharap guru-guru IPS dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih kreatif, mendalam, dan kontekstual,” ujarnya.

Selain pemaparan konsep, kegiatan ini juga menghadirkan sesi berbagi praktik baik dan simulasi pembelajaran mendalam pada berbagai tema IPS, mulai dari dinamika sosial, isu ekonomi, hingga lingkungan. Guru-guru peserta tampak antusias berdiskusi dan merumuskan strategi implementasi yang sesuai dengan karakteristik siswa SMP. Melalui program pengabdian DLK ini, Pendidikan IPS FISIP UNY menegaskan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kulon Progo, DIY khususnya penguatan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif dan berdampak pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. (HNF)