Pelatihan Manajemen Laboratorium Outdoor IPS bagi Guru IPS

Sleman, 13-14 September 2025 – Tim pengabdi dari Departemen Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Laboratorium Outdoor IPS yang ditujukan bagi para guru IPS tingkat SMP dan SMA. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat sekaligus upaya peningkatan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran berbasis lingkungan sekitar. Kegiatan diikuti tim pengabdi yaitu Dr. Riko Septiantoko, M.Pd., Prof. Dr. Drs. Saliman, M.Pd, dan Happri Novriza Setya Dhewantoro, S.Pd., M.Pd. serta 50 peserta pelatihan yang berasal dari kabupaten Tuban, jawa Timur.

Pelatihan yang berlangsung secara interaktif ini diikuti oleh puluhan guru IPS dari berbagai daerah. Materi pelatihan mencakup konsep dasar laboratorium outdoor IPS, strategi pengelolaan, serta praktik pemanfaatan lingkungan sosial, budaya, dan geografis sebagai sumber belajar. Selain itu, guru peserta juga dibimbing untuk merancang media ajar kreatif yang sesuai dengan potensi lokal di daerah masing-masing. Dipandu oleh bapak Dr. Satriyo Wibowo, S.pd., M.Pd. dan Kepala Laboratorium Masyarakat dan Budaya hanif Nur Rokhim, S.Pd., M.Pd.

Ketua tim pengabdi, Dr. Riko Septiantoko, M.Pd., menyampaikan bahwa laboratorium outdoor IPS bukan hanya sekadar ruang belajar di luar kelas, melainkan wahana pembelajaran kontekstual yang mampu mengaitkan teori dengan realitas kehidupan sehari-hari. “Dengan mengelola laboratorium outdoor, guru dapat menghadirkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, kritis, dan reflektif bagi siswa,” ungkapnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para peserta. Mereka menilai pelatihan memberikan wawasan baru sekaligus bekal praktis untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Seorang guru peserta menyebutkan bahwa pelatihan ini membuka perspektif bahwa laboratorium outdoor IPS dapat diwujudkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah, seperti pasar, museum, sungai, maupun kawasan budaya. Sebagai tindak lanjut, tim pengabdi Departemen PIPS UNY berkomitmen untuk mendampingi guru dalam implementasi laboratorium outdoor IPS di sekolah masing-masing. Harapannya, kegiatan ini mampu mendorong pembelajaran IPS yang lebih aktif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

 

 

Penulis : Happri Novriza Setya D. & Hanif Nur Rokhim

Editor   : Happri Novriza Setya D.